" " " "

Cara Menghilangkan Lem Super yang menempel di Tangan

Lem Super


Beberapa hari yg lalu gw gasengaja mencet wadah super glue yg di meja (kurang kerjaan bgt ya gw -_-). Alhasil sebagian isi lem super nya kena ke tangan gue. Iritasi sih enggak, cuma bekasnya yg udah mengering itu lho mirip  ama tangan orang yg abis c*li :D. Yahh daripada menimbulkan fitnah akhirnya gw pun searching di Google ttg cara menghilangkan Lem super yg udh mengering di tangan. Dan inilah caranya :

1. Coba kelupas lem terlebih dahulu. Kadang-kadang melakukan itu cukup untuk menghilangkan bekas lem tersebut. Lakukan dengan hati-hati, dan jika Anda merasakan sakit atau melihat kulit Anda ada yang mengelupas, hentikan dengan segera.

2. Cobalah cairan aseton. Cara ini paling baik untuk tipe kulit yang lebih kuat—kulit yang sensitif jika menggunakan cara ini mungkin akan iritasi atau mengering. Dan jangan pernah menggunakan aseton pada luka yang terbuka:
Rendam kulit dengan air sabun yang hangat sesegera mungkin. Cara ini akan melembutkan atau melunakkan lem. Menambahkan sedikit cuka juga bisa membantu. Coba lepaskan lem dari kulit Anda. Jika ini tidak berhasil, usap-usap tangan Anda hingga kering dan lanjutkan dengan langkah berikutnya.
Gunakan penghilang (penghapus) cat kuku yang berbahan dasar aseton. Bahan ini harus mengandung aseton, karena aseton melembutkan sianokrilat. Usap-usapkan pada lem super tersebut. Lem yang mengering tersebut seharusnya mulai mengelupas. Jangan gunakan kapas, karena kapas dapat sangat bereaksi keras dengan sianokrilat (berasap atau menjadi terbakar).
Biarkan area yang terkena lem mengering, kemudian gunakan kertas amplas kuku untuk menghilangkan lemnya. Hati-hati juga untuk tidak mengelupas kulit Anda. Jika banyak lem yang mengenai tangan Anda, Anda dapat menggosoknya dengan batu apung yang telah direndam air hangat.
Biarkan lemnya mengelupas sendiri. Bekas lemnya akan berubah menjadi putih, namun tidak akan membuat Anda merasa sakit, dan bekas tersebut pada akhirnya akan mengelupas tanpa perlu bantuan Anda.

3. Cobalah menggunakan margarin. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sedikit pelumas (minyak) mungkin akan berhasil mengelupasnya dengan lebih baik. Gosokkan sedikit margarin pada area yang terkena lem tersebut. Ulangi beberapa kali hingga lemnya akan mengelupas dengan lembut.

4. Gunakan sabun cuci. Campurkan cairan sabun cuci (merek apa saja) dengan air hangat. Jika Anda bermaksud menghilangkan bekas lem pada area yang kecil, misalnya jari Anda, ¼ cangkir sabun cuci dicampur dengan air panas dalam cangkir kopi akan cukup membantu. Gosok dan rendam kira-kira selama 20 menit untuk mengelupas lapisan lem yang tebal tersebut.

Previous
Next Post »